Beranda Blog Tanaman

Mengenal Sancang, Tanaman Andalan Para Pebonsai

Konten ini ditulis oleh Lindasari S.P pada tanggal , dan terakhir diupdate pada 30 Maret 2024.

Thumbnail: Mengenal Sancang, Tanaman Andalan Para Pebonsai

Sancang, atau tanaman yang memiliki nama latin premna microphylla merupakan tanaman yang paling umun digunakan untuk bonsai, dan umunya semua pebonsai pasti tahu tanaman ini.

Mungkin teman-teman sobat Trulili ada yang mau masuk kedunia bonsai namun belum tahu apa itu tanaman sancang?

Yah jika anda membaca artikel ini maka ini adalah artikel yang tepat untuk anda, karena pada artikel ini anda akan menemukan info lengkap seputar sancang, mau tauhu selengkapnya?yuk baca artikel ini!!

Tentang Sancang, Nama Latin dan Penyebaran

Sancang adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai bonsai, memiliki ciri khas yang unik, yakni sangat mudah untuk tumbuh, bahkan tanpa ada mata tunas, sancang masih bisa tumbuh.

Nama latin dari sancang adalah Phemna microphylla, Phemna sendiri sat ini mencapai 100-200 spesies.

Penyebaran tanaman sancang adalah daerah tropis terutama Asia Tenggara. namun seiring berjalnnnya waktu, Sancang tidak hanya di Asia Tenggara, namun juga sampai ke daeraj sub Tropis seperti Afrika dan Australia.

Populernya Sancang di Masyarakat Terutama Pebonsai

Yah, kepopuleran sancang memang bukan tanpa alasan, sancang sendiri adalah salah satu tanaman yang mudah sekali hidup, dan perawatan yang relatif mudah. berikut adalah beberapa alasan mengapa sancang sangat populer di masyarakat terutama pebonsai.

  1. Perwatan Mudah
  2. Umur yang bahkan bisa mencapai puluhan tahun
  3. Pertumbuhan cepat
  4. Daun dapat mengecil dengan sendirinya
  5. Budidaya sancang juga relatif mudah
  6. membentuk liukan pada sancang juga mudah

Diatas adalah beberapa alasan mengapa tanaman sancang begitu populer, ada alasan lain?

Perawatan Sancang

Untuk perawatan, sancang tidak rewel kok :), sancang adalah tanaman yang mandiri hehe.

untuk penyiraman juga cukup 1x dalam sehari, biasanya lebih efektif jika pada malam hari,untuk media tanam juga tidak sulit, bisa tanah, sekam bakar, pasir malang, atau apapun yang anda yakini.

Namun saran kami, pasir malang adalah salah satu media yang bagus.

Cara Membudidayakan atau Memperbanyak Sancang

Cara membudidayakan sancang adalah dengan stek batang atau cangkok, namun kabnayakan di Indonesia adalah dengan melakukan stek, setek sancang sendiri sangatlah mudah, anda tidak perlu batang yang tua,bahkan yang muda pun juga bisa. setelah anda mendapatkan batang sancang cukup tancapkan saja pada media tanam, dalam hal ini lebih baik menggunakan tanah sajatanpa campuran pupuk, lalu taruh pada ruang yang tidak terkena sinar matahari terlebih dahulu, biasanya 2-5 hari.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan(FAQ)

Berikut adalah beberapa pertnyaan yang sering ditanyakan tentang artikel ini:

  • Apa nama latin dari sancang?

    Nama latin dari sancang adalah premna microphylla

  • Kenapa sancang banyak dinikmati pebonsai?

    Karena, daunnya yang dapat mengecil, perawatan mudah, serta pertumbuhan yang cepat

Sancang, sangat Indah dan Perawatan Mudah

Sancang adalah tanaman populer untuk pebonsai karena kelebihan sancang yang luar biasa, perawatan yang mudah dan pertumbuhan yang begitu cepat, tertarik ingin menanam sancang? yuk bisa banget :). di Trulili Store kamu bisa mendapatkan sancang dengan harga yang murah loh, yuk checkout hehe.

Tentang Pembuatan Artikel Ini
Artikel ini dibuat melalui riset dari berbagai sumber, dan telah ditinjau oleh editor kami yang berpengalaman, hasilnya adalah artikel berkualitas yang berjudul "Mengenal Sancang, Tanaman Andalan Para Pebonsai.
berikut adalah orang-orang hebat yang berpartisipasi dalam pembuatan artikel ini.
Bagikan Artikel

Komentar

Kolom komentar adalah media untuk tempat sharing, berbagi, berdiskusi seputar artikel ini, ulasan anda sangat berharga untuk kami dan pembaca lain

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Semua Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Berikut adalah artikel lain yang berhubungan dengan artikel ini

Mengenal Aglonema, Sang Ratu Tanaman, Bikin Rumah dan Tamanmu Makin Cantik

Aglonema merupakan tanaman yang mendapatkan julukan Ratu Tanaman, karena keindahan warna daun dan bentuknya yang anggun dan menawan membuatnya menjadi tanaman hias yang nilai bisnis yang amat tinggi. Mau tahu lebih lanjut tentang aglonema, yuk baca terus artikel ini!!

Cara Menanam Tanaman Buah Dalam Pot Agar Hasil yang Maksimal

Tabulampot adalah solusi untuk Anda yang ingin merasakan buah segar dari pekarangan rumah. Hasil maksimal dengan tips dan cara berikut, mau tahu? yuk baca artikel ini!!

Mengenal Sancang, Tanaman Andalan Para Pebonsai

Mungulas lengkap tentang tanaman sancang, Jagoan para pebonsai, Mudah perawatan, pertumbuhan cepat, serta banyak sekali keunggulan lainnya, mau tau fakta unik sancang? yuk baca artikel ini!!

Klasifikasi Bonsai Menurut Ukuran, Punyamu yang Mana?

belum tau tentang klasifikasi bonsai menurut ukurannya? mulai dari Bonsai Shito, Mame Hingga Dai Bonsai atau Large? Disini kamu akan tahu bonsaimu ada dalam kelas yang mana, yuk simak lebih lanjut!!

Manfaat dan Kegunaan serta Kelebihan Cemara Udang [Fakta Unik]

Cemara Udang ternayata memiliki bergudang manfaat loh, sangat baik untuk pemecah angin, dan lebih kerenya lagi, bisa dijadikan kertas loh, waoh, simak selengkapnya pada artikel ini

Artikel Lainnya

Berikut adalah artikel yang kami pilih secara acak, dan mungkin anda sukai

Mengenal Aglonema, Sang Ratu Tanaman, Bikin Rumah dan Tamanmu Makin Cantik

Aglonema merupakan tanaman yang mendapatkan julukan Ratu Tanaman, karena keindahan warna daun dan bentuknya yang anggun dan menawan membuatnya menjadi tanaman hias yang nilai bisnis yang amat tinggi. Mau tahu lebih lanjut tentang aglonema, yuk baca terus artikel ini!!

Cara Menanam Tanaman Buah Dalam Pot Agar Hasil yang Maksimal

Tabulampot adalah solusi untuk Anda yang ingin merasakan buah segar dari pekarangan rumah. Hasil maksimal dengan tips dan cara berikut, mau tahu? yuk baca artikel ini!!

Mengenal Sancang, Tanaman Andalan Para Pebonsai

Mungulas lengkap tentang tanaman sancang, Jagoan para pebonsai, Mudah perawatan, pertumbuhan cepat, serta banyak sekali keunggulan lainnya, mau tau fakta unik sancang? yuk baca artikel ini!!

Klasifikasi Bonsai Menurut Ukuran, Punyamu yang Mana?

belum tau tentang klasifikasi bonsai menurut ukurannya? mulai dari Bonsai Shito, Mame Hingga Dai Bonsai atau Large? Disini kamu akan tahu bonsaimu ada dalam kelas yang mana, yuk simak lebih lanjut!!

Manfaat dan Kegunaan serta Kelebihan Cemara Udang [Fakta Unik]

Cemara Udang ternayata memiliki bergudang manfaat loh, sangat baik untuk pemecah angin, dan lebih kerenya lagi, bisa dijadikan kertas loh, waoh, simak selengkapnya pada artikel ini

Mengenal Cemara Udang Yang Indah dan Menawan

Cemara Udang? hah Udang? Yup Cemara Udang bukan udang loh,hehe, tanaman Cemara Udang ini merupakan tanaman yang unik loh dan perlu kita bahas lebuh detail, mau tau apa sih Cemara Udang itu? Yuk baca artikel ini!!

Mengejutkan, Ternyata ini Manfaat Murbei, Sekelas Obat Harga Ratusan Ribu

Jangan remehkan manfaatnya! Inilah manfaat Buah Murbei, setara harga obat ratusan ribu loh, yuk simak selengkapnya, tentang manfaat murbei !!

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Murbei Agar Rimbun dan Cepat Berbuah

Murbei merupakan salah satu tanaman buah yang mudah sekali hidup, namun gimana sih cara memperbanyak, cara menanam dan merawat murbei? penasaran? yuk simak selengkapnya!!

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x